Skip to main content

Cara Mengatasi Blue Screen Kernel Data Inpage Error

 

Cara Mengatasi Blue Screen Kernel Data Inpage Error

Error KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR Blue Screen  biasanya terjadi setiap kali Windows mengalami kesulitan untuk membaca suatu data yang tersimpan dalam memori maupun hardisk.

Kernel Data Inpage Error lebih mengacu pada halaman data kernel yang hilang atau rusak didalam file Windows. Hal ini bisa disebabkan oleh file, memory  maupun hardisk yang mengalami korup pada sistem windows, karena istilah ‘Inpage’ indentik dengan hard disk dan RAM yang saling terkait.

Pesan error yang ditampilkan juga akan beragam, di setiap komputer, Pesan error yang umum muncul diantaranya adalah :

error 0x0000007A – Kesalahan akses file disebabkan oleh virus, bad sector atau driver perangkat.error 0xC000009A – Kurangnya sumber daya ( biasanya ini berasal dari power supplay komputer).error 0xC000009C – Sektor hard drive yangerror 0xC000009D – Kabel longgar atau kegagalan hard disk.error 0xC000016A – Sektor hard drive buruk.error 0xC0000185 – Kabel macet atau konflik IRQ.Dan Error KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR Blue Screen

Cara Mengatasi Blue Screen Kernel Data Inpage Error


Error diatas  juga bisa diperbaiki dengan cara dibawah ini :

Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki error Kernel Data Inpage Error.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memperbaiki  Error KERNEL_DATA_INPAGE_ERROR Blue Screen pada windows 7/8 dan Windows 10 :

Solusi pertama  : Scan Hardisk

Untuk memeriksa apakah penyebab masalah ini berasal dari hardisk :

buka CMD (Command Prompt) dengan cara klik CMD di start menu > Klik Kanan pada CMD > Run As Administrator >kemudian ketik perintah  ‘chkdsk’ (tanpa tanda petik).

Setelah proses chkdsk selesai, lanjutkan dengan perintah : “chkdsk /f e:”

Jika proses pemeriksaan hardisk sudah selesai, komputer akan merestart  secara otomatis. Kemudian ketika proses startup , Windows akan melakukan pemeriksaan kembali pada hardisk dan akan memperbaiki masalah yang ditemui di hardisk kita secara otomatis.

Solusi kedua : Periksa dan Perbaiki Memori RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, dan sistem Windows akan menggunakan RAM ini secara konstan untuk menyimpan beberapa file aplikasi dan menyimpan data sistem penting untuk sementara. Untuk memeriksa apakah Memori RAM yang menyebabkan masalah, buka Memory Diagnostics Tool > melalui menu Search >  kemudian pilih “Restart Now and check for problem (recommended).

Kemudain komputer akan melakukan restart dan melakukan proses pengecekan dan perbaikan terhadap Memori RAM secara otomatis.

Jika nantinya kamu menemukan ada masalah pada memori RAM , saya merekomendasikan untuk mengganti Memori RAM, jika tidak masalah yang sama bisa terulang pada waktu yang lain.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar